• Algoritma dan Flowchart dalam Bahasa C

    Salam sejahtera, sahabat bloggers,

    Dalam membuat suatu program pada software pemrogaman, entah itu menggunakan software Microsoft Visual C, CodeBlocks dan software pemrogaman lainnya, tentu terdapat beberapa langkah yang harus kita lakukan agar program nantinya tidak terdapat error sehingga dapat dikompilasi programnya.

    lalu, langkah apa yang harus kita lakukan ?

    Berikut ini, beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam pembuatan suatu program :

    1. Mendefinisikan Masalah dan Menganalisanya
    Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter - parameter yang digunakan, fasilitas yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir yaitu menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program, dalam hal ini yang kita pelajari adalah pemrogaman C

    2. Merealisasikan dengan langkah - langkah berikut :
    Penjelasannya adalah :
    1. START, dimulainya realisasi program yang akan dibuat.
    2. Desain Algoritma dan Flowchart, dimana algoritma merupakan urutan langkah - langkah logika yang menyatakan tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem, sedangkan flowchart merupakan suatu bagan dengan simbol - simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (intruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.
    3. Menulis Program, yakni mengimplementasikan algoritma dan flowchart kedalam bentuk program C sesuai aturan penulisan program C tentunya. Untuk dasar program C sendiri akan dibahas di lain waktu.
    4. Tes Kebenaran Program, yakni menguji kebenaran program dengan cara melakukan kompilasi program, sehingga kita dapat mengetahui kesalahan dalam program.
    5. Dokumentasi, yakni mengambil data - data program baik source codenya sendiri ataupun output program.
    6. Arsip, yaitu menyimpan file program yang telah dikompilasi dan tidak ada error tentunya ke dalam suatu folder ataupun disk untuk kemudian dapat dibuka bila di lain waktu membutuhkan program tersebut.

    Berikut ini adalah macam - macam flowchart dan kegunaannya :


    Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :


    Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih atas kritik dan sarannya.
  • 1 comment: