• Mengenal PENS Lebih Dekat

    Assalamu'alaikum wr. wb.,
    Salam sejahtera, sahabat bloggers,

    Bagaimana kabar anda hari ini?
    Semoga sehat ya,

    Hmm.. Sebelumnya mohon maaf rek.. Dalam tiga bulan terakhir, blog Raden Rofiul tidak pernah posting sesuatu,
    Yah, namanya kuliah..
    Banyak tugas, banyak laporan, banyak kegiatan, sehingga blog Raden Rofiul kurang diperhatikan wkwk..
    Tapi tidak masalah, karena blog Raden Rofiul akan hadir untuk menyajikan informasi buat sahabat bloggers..

    Kali ini kita bahas apa nih?

    "Hmm.. Enaknya bahas apa lo?"

    Sepertinya saya akan sedikit bercerita mengenai kampusku, yang sekarang menjadi tempatku utuk belajar dan berkarya, yang semoga bisa bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, agama dan tentunya bangsa.

    Dan inilah kampus tempatku sekarang :

    Sebuah tempat yang bernama PENS.


    "PENS, apaan itu?"

    Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau lebih dikenal dengan PENS, merupakan salah satu politeknik negeri ternama yang ada di Indonesia dan bahkan bisa dibilang politeknik terbaik di Indonesia.

    Nama PENS sendiri mungkin masih asing di telinga masyarakat sehingga dapat dikatakan nama kampus ini masih kalah tenar dengan kampus-kampus lain di Indonesia seperti ITS, ITB, UI bahkan UGM. 

    "Mengapa bisa seperti itu?"

    Hal ini dikarenakan usianya yang sangat muda yakni 27 tahun (per 2015), berbeda dengan kampus-kampus yang telah berdiri setengah abad di Indonesia. Meskipun untuk bisa dikenal oleh masyarakat secara luas membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun suatu saat nanti saya yakin nama PENS bisa setenar kampus elit seperti ITS, ITB, UI bahkan UGM. 

    Saya bisa berkeyakinan seperti itu dikarenakan dari tahun ke tahun, kualitas kampus ini terus meningkat mulai dari segi pelayanannya, prestasi hingga layanan publik. Tak heran sekarang PENS mulai menjadi kampus favorit bagi anak SMA, SMK, MA dan MAK.

    Nah, itu tadi secuil goresan mengenai kampusku. Sekarang yuk kita mengenal PENS lebih dekat..


    Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS), merupakan perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. PENS secara resmi berdiri sejak tahun 1988. 

    Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik daripada teori. PENS merupakan satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro dan sangat unggul dalam bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali. Masuk Rekor Muri Indonesia, lho.

    Ini dia salah satu keahlian dari robot EEPIS Robot Soccer (EROS) :


    Dan ini EROS ketika berlaga di Robocup 2014 di Joao Pessua, Brazil :



    Selain itu, PENS juga merupakan penyelenggara S2 terapan pertama di Indonesia, sehingga pendidikan vokasi tidak hanya sampai Diploma-4 (D4) saja.

    "Ternyata PENS luar biasa ya.. Lantas jurusannya apa aja ya?"

    1) D3/D4 Teknik Elektronika
    2) D3/D4 Teknik Telekomunikasi
    3) D3/D4 Teknik Elektro Industri
    4) D3/D4 Teknik Informatika
    5) D4 Teknik Mekatronika
    6) D3 Teknologi Multimedia & Broadcasting
    7) D4 Teknologi Game
    8) D4 Sistem Pembangkitan Energi
    9) D4 Teknik Komputer
    10) S2 Teknik Elektro
    11) S2 Teknik Informatika dan Komputer

    Ingin tahu lebih lengkapnya?
    Saksikan tayangan berikut ini :


    Selain itu, PENS juga membuka program D1 yang bekerjasama dengan PT. PJB, dan juga terdapat 4 Community College binaan PENS yang kini ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Komunitas Negeri di Pacitan, Ponorogo, Lamongan dan Sumenep.

    Oh ya..
    Sedikit cerita yuk..
    Berkaitan dengan kampus ini, sebenarnya PENS bukan merupakan kampus tujuanku yang selalu aku inginkan sewaktu SMA. Namun dikarenakan Tuhan mentakdirkan diri ini untuk menimba ilmu di kampus ini, maka apa boleh dikata, aku harus beradaptasi disini dan bersyukur dengan apa yang Tuhan takdirkan untukku.

    Tahun pertama mungkin sulit untuk belajar disini, karena sesungguhnya ilmu elektronika bukan passion ku dan juga masih ada keinginan untuk pindah dari kampus ini. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai terbiasa dengan kehidupan PENS yang super sibuk sehingga akhirnya aku jatuh cinta dan nyaman bisa belajar di kampus yang terkenal akan robotikanya.

    Demikianlah sedikit pengalaman dan profil dari kampusku, semoga bisa menginspirasi anda terutama untuk teman-teman SMA yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

    Politeknik JOSS!!! Politeknik JOSS!!! Politeknik JOSS!!

    Selamat jumpa, sahabat bloggers..
    Wassalamu'alaikum wr. wb.,
  • 0 komentar:

    Post a Comment