TENTANG KAMI

RADEN ROFIUL ada tidak hanya sekedar ada. Tetapi ada karena keunikan didalamnya.

Ir. Soekarno

Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut emeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

BLOG

  • Melawan Teriknya Matahari di Kota Pahlawan



    Hai, arek-arek Suroboyo!
    Piye kabare? Mugo-mugo seger waras yo!

    Surabaya ...
    Sebuah kota yang terkenal akan historisnya yang fenomenal. Masih teringat, bagaimana perjuangan heroik anak-anak Surabaya mengusir sekutu yang ingin merampas kembali kemerdekaan Indonesia di tanah Surabaya pada November, 1945.

    Itu sekilas potret Surabaya beberapa dekade lalu. Dan sekarang, tepat 72 tahun setelah peristiwa tersebut, Surabaya terus berkembang dan telah menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan bisnis perhotelan kian menjamur serta jumlah kendaraan bermotor yang lalu lalang kian tak terkendali. Selain itu, letak geografis Surabaya yang berada di daerah pesisir menjadikan Surabaya semakin bertambah PANAS.

    Dengan semakin PANAS-nya Kota Surabaya, kebutuhan akan Air Conditioner (AC) bagi rumah tangga maupun perkantoran mutlak diperlukan. Namun sebuah pertanyaan muncul, apakah penggunaan AC ramah bagi lingkungan dan hemat energi?

    Jawabannya hampir semua produk AC tidak ramah lingkungan dan boros energi. Namun, hal itu tidak berlaku bagi DAIKIN.

    AC DAIKIN

    Bird

    "AC Kelas Dunia"


    Apa itu AC DAIKIN?

    DAIKIN merupakan salah satu produsen Air Conditioner (AC) terkemuka di dunia yang berpusat di Osaka, Jepang dan telah menjual produknya di lebih dari 140 negara. DAIKIN sejak awal tahun 1930-an berkomitmen penuh dalam mewujudkan lingkungan dan kualitas hidup yang lebih baik melalui penyediaan solusi AC.
    Cari Tahu Daikin

    Mengapa Harus AC DAIKIN?


    High Class

    Technology


    Image
    Menggunakan teknologi Inverter dan R-32 sehingga mampu menyimpan energi 30% lebih banyak dan mengurangi konsumsi listrik hingga 10%.

    London
    Teknologi inverter digunakan untuk menghilangkan limbah operasi di AC dengan mengendalikan kecepatan motor dan aliran refrigeran dalam sistem AC. Penerapan teknologi inverter pada AC mampu menekan fluktuasi suhu dan dapat menghemat energi 30% lebih banyak dibandingkan AC non-inverter.



    London
    Teknologi R-32 merupakan tipe refrigeran baru dengan nilai potensi penipisan ozon sebesar 0 yang digunakan sebagai media pengalir panas dalam sistem AC. Penerapan teknologi R-32 pada AC mampu mengurangi konsumsi listrik hingga mencapai 10%.

    High Class

    Product


    Image
    Memiliki produk-produk yang beranekaragam untuk segala kebutuhan. Mulai dari Hunian, Komersil dan Industri.

    London
    Terdiri dari AC Split, AC Multi-Split dan Permurni Udara. AC Daikin Split digunakan untuk ruang interior tunggal, AC Daikin Multi-Split digunakan untuk hunian yang lebih luas dan terintegrasi dalam satu sistem, dan Daikin Pemurni Udara digunakan untuk menghilangkan alergi dan bau ruangan.



    London
    Terdiri dari SkyAir, VRV dan Control Systems. Daikin SkyAir digunakan untuk menghemat penggunaan energi pada ruangan outdoor seperti restoran, sistem VRV Daikin digunakan untuk meminimalkan konsumsi energi dengan cara mengendalikan aliran refirgeran pada ruangan yang lebih luas seperti hotel dan Daikin Control Systems digunakan sebagai kendali pusat otomatis dari sistem VRV.



    London
    Terdiri dari Package Air Conditioners, Air Cooled Chillers dan Air Side Equipment. Daikin Package Air Conditioners digunakan untuk mengendalikan distribusi udara pada zona area industri yang luas, Daikin Air Cooled Chillers digunakan sebagai sistem pemanasan dan pendinginan distrik dengan kapasitas maksimal hingga 600 ton dalam satu unit, dan Daikin Water Cooled Chillers digunakan sebagai sistem pendinginan proses industri dan sumber panas distrik dengan kapasitas maksimal hingga mencapai 6000 ton dalam satu unit.


    High Class

    Quality


    Image
    Memiliki pelayanan yang memuaskan untuk menjaga kualitas produk dan kepercayaan pelanggan. Bentuk pelayanannya mulai dari Pemeliharaan, Suku Cadang dan Pusat Kontak.

    London
    Terdiri dari Pemeliharaan Korektif dan Pemeliharaan Preventif. Pemeliharaan Korektif merupakan bentuk perbaikan peralatan AC ketika terjadi kerusakan sementara Pemeliharaan Preventif merupakan bentuk pemeriksaan berkala untuk mencegah masalah tak terduga dengan cara mendeteksi keausan pada mesin AC dan kemungkinan terjadinya penurunan suku cadang.



    London
    Didukung dengan kualitas suku cadang yang lengkap dan terdistribusi di pusat layanan dan suku cadang yang berada di 10 Kota di Indonesia.



    London
    Memiliki pusat layanan telepon bebas pulsa yang hampir buka setiap hari dan menlayani berbagai keluhan seperti layanan pemeliharaan dan informasi suku cadang.

    Surabaya terlalu panas. Ya begitulah keadaan Kota Pahlawan hari ini. Data dari BMKG menunjukkan bahwa suhu rata-rata Surabaya pada kisaran 35-36 derajat Celcius. Hal ini belum ditambahkan dengan jumlah polusi udara yang kian hari kian mencekik.

    Namun,
    Tidak perlu bersedih dengan hal-hal tersebut, karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan DAIKIN sang AC Hemat Energi. Bukan hanya tentang kenyamanan yang diberikan, AC DAIKIN juga memberikan kehematan penggunaan energi bagi penggunanya.

    Tertarik untuk beralih ke DAIKIN?

    #Kalau AC ya Daikin


    Sumber :
    Daikin
  • Geliat Para Pejuang Ekonomi Digital



    Hai, Generasi Millenials!

    Tiga perusahaan diatas mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan mungkin kita salah satu pecandu keras jasa-jasanya. Di kehidupan serba auto-gadget seperti saat ini, sudah menjadi hal yang lumrah bahwa segala aktivitas sehari-hari kita sangatlah bergantung dengan smartphone, internet dan media sosial. 

    Misalnya saja, ketika mau bepergian ke luar rumah dan kebetulan tidak ada kendaraan, generasi 2000-an harus pergi ke pangkalan ojek untuk minta dianterin dengan harga yang kadang gak pasti. Itu dulu, kalo generasi sekarang cukup buka aplikasi GO-JEK di smartphone-nya lalu abang ojek akan menjemput kita dan harganya pasti sesuai dengan order-an kita di aplikasi tersebut. Sangat dimudahkan bukan?

    Itu hanya salah satu contoh guys. Masih ada kemudahan-kemudahan lain yang ditawarkan melalui aplikasi-aplikasi berbasis smartphone. Mulai ojek online, jual beli online, pemesanan tiket online hingga donasi online. Secara prospek, bisnis online berbasis aplikasi seperti ini memang sangat menjanjikan, mengigat sekarang sedang masanya "EKONOMI DIGITAL". Namun sayang, tidak banyak generasi muda yang tertarik untuk menggeluti bisnis "EKONOMI DIGITAL", sehingga perlu ditingkatkan kembali minat generasi muda akan potensi bisnis ini. Bukan begitu wahai Generasi Millenials?

    "Perkembangan teknologi ibarat pisau bermata dua. Bisa MEMBANTUmu atau MEMBUNUHmu tergantung bagaimana kamu menyikapinya."
    -RADEN ROFIUL-

    Ngomong-ngomong mengenai "EKONOMI DIGITAL", muncul banyak pertanyaan di otak kita. Sebenarnya apa sih itu? Bedanya dengan sistem ekonomi yang lain itu apa? Bagaimana perkembangannya? Terus aku harus ngapain? Dan ribuan pertanyaan lain yang tidak sempat tertuliskan dalam artikel ini. Oke, mari kita bahas guys!



    PENGERTIAN EKONOMI DIGITAL

    EKONOMI DIGITAL secara versi Encarta Dictionary adalah "Business transactions on the Internet: the marketplace that exists on Internet" yang dapat diartikan sebagai suatu proses transaksi atau pasar di internet. Lebih luasnya lagi, EKONOMI DIGITAL tidak hanya sekedar transaksi di internet saja, tetapi mencakup segala pemanfaatan teknologi informasi yang ada pada bidang ekonomi. 

    Sederhananya, kalau dulu transaksi suatu barang harus bertatap muka secara langsung, sekarang cukup memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Cukup melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet, kita sudah bisa bertransaksi dan melakukan jual-beli barang apa saja yang kita inginkan. Sangat mudah bukan, wahai Generasi Millenials?

    Sekedar Info

    Encarta Dictionary adalah sebuah kampus online yang menyediakan definisi ilmiah secara lengkap dan tepat. Encarta Dictionary merupakan salah satu paket Encarta Encyclopedia keluaran Microsoft yang menyediakan ribuan artikel ensiklopedia yang cukup lengkap dalam bentuk multimedia yang dikemas dengan sangat baik dan menarik.

    Berbicara mengenai EKONOMI DIGITAL, konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Tapscott pada tahun 1998 dimana ia menjelaskan bahwa sebuah sosiopolitik dan sistem ekonomi mempunyai karakteristik sebagai ruang inteligen, meliputi informasi dan pemrosesan informasi serta kapasitas komunikasi. Dalam perkembangannya, industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan penting dalam EKONOMI DIGITAL.

    Keren bukan?
    Jelas, guys. Tapi ngomong-ngomong mengenai EKONOMI DIGITAL, sebenarnya karakteristiknya itu seperti apa sih? Dan yang membedakan antara "Ekonomi Non-Digital" dengan "EKONOMI DIGITAL" itu apa sih? Oke, mari kita bahas.


    KARAKTERISTIK EKONOMI DIGITAL


    Berikut ini merupakan karakteristik EKONOMI DIGITAL menurut Tapscott :

    Knowledge merupakan sumber daya terpenting sebuah perusahaan dalam menciptakan produk/jasa yang berbasis digital.

    Digitazion merupakan suatu proses transformasi informasi dari berbagai bentuk menjadi format biner "0" dan "1".

    Virtualization merupakan model bisnis dengan perangkat sederhana dan dapat menjangkau seluruh calon pelanggan di dunia.

    Molecularization merupakan bentuk transformasi sistem dimana perusahaan dapat mudah beradaptasi dengan setiap perubahan dinamis di lingkungan sekitar.

    Internetworking merupakan upaya mengembangkan konsep kerjasama dengan perusahaan lain.

    Disintermediation adalah tidak adanya mediator (perantara) antara penjual dan pembeli.

    Convergence merujuk pada dua hal/benda atau lebih yang bertemu dan bersatu dalam suatu titik. Konvergensi media ini menyatukan "tiga-C" (computing, communication, dan content).

    Innovation merupakan pembaruan suatu produk/jasa yang telah dikeluarkan oleh perusahaan terhadap produk/jasa yang telah diproduksi sebelumnya.

    Prosumption adalah terdapatnya batasan antara konsumen dengan produsen.

    Immediacy merupakan bentuk kondisi real-time ekonomi yang terjadi pada waktu yang relatif singkat.

    Globalization merupakan bentuk sistem ekonomi yang tidak mengenal batas dunia.

    Discordance adalah timbulnya kontradiksi sosial yang besar di masyarakat.


    EKONOMI LAMA VS EKONOMI DIGITAL

    Yang menjadi sebuah pertanyaan besar, sebenarnya perbedaan mendasar antara "Ekonomi Digital" dan "EKONOMI DIGITAL" sebenarnya apa sih? Berikut 4 perbedaan yang membedakan antara keduanya :

    Ekonomi Lama
    Ekonomi Digital
    Pengorganisasian berdasarkan unit produk Pengorganisasian berdasarkan segmen pelanggan
    Fokus pada transaksi yang menghasilkan laba Fokus pada masa hidup pelanggan
    Melihat pada skor keuangan Melihat pada skor pemasaran
    Berfokus pada pemegang sahan Berfokus pada stakeholders
    Melihat pada skor keuangan Melihat pada skor pemasaran


    MACAM-MACAM EKONOMI DIGITAL

    Di era modern seperti saat ini, perkembangan teknologi informasi menjadi salah satu barometer penting yang menjadikan suatu negara apakah tergolong negara maju, negara berkembang atau negara miskin. Indonesia, sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia, tentu tidak ingin kalah dengan negara-negara lain dalam urusan perkembangan teknologi informasi. Apalagi sekarang masanya "EKONOMI DIGITAL ", praktis kebutuhan internet menjadi hal yang mutlak diperlukan agar kita tidak disebut generasi gaptek.


    Berdasarkan data statistik yang berdasarkan hasil survei Google dan Temasek, menunjukkan bahwa proyeksi pertumbuhan rerata tahunan (CAGR) di Indonesia sebesar 19 persen untuk periode 2015-2020. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan pengguna internet di Vietnam pertumbuhan sebesar 13 persen dan Filpina dengan pertumbuhan sebesar 11 persen.

    Hasil riset Google juga menunjukkan bahwa pengguna internet di Asia Tenggara saat ini sebesar 260 juta dengan CAGR sebesar 14 persen per tahun. Hal ini berarti pengguna internet terus bertambah 3,8 juta dan akan menghubungkan ke 700 juta perangkat baik smartphone maupun PC (Personal Computer). Dan di tahun 2020, pengguna internet di Asia Tenggara diproyeksikan akan mencapai 480 juta pengguna.

    Data-data diatas menunjukkan bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini sangat mendukung bertumbuhnya EKONOMI DIGITAL di masyarakat. Tentu bukan sebuah alasan lagi kita bilang "NO" terhadap konsep EKONOMI DIGITAL dengan perkembangan infrastruktur teknologi informasi yang semakin "gila" ini. Apalagi teknologi telekomunikasi saat ini sudah memasuki era generasi keempat atau biasa kita kenal dengan teknologi 4G yang memungkinkan terjadinya transfer data hingga kecepatan 1 Gb/detik.

    Nah, ngomong-ngomong mengenai EKONOMI DIGITAL, banyak orang yang belum begitu tahu jenis-jenisnya dan perusahaan-perusahaan apa yang saat ini sudah exist disana? Penasaran guys? Yuk, kita bahas.



    × Finance Technology atau biasa disingkat dengan FinTech merupakan salah satu jenis EKONOMI DIGITAL yang lebih bergerak dibidang keuangan. Keberadaan FinTech ini bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan meningkatkan literasi keuangan. Dalam perkembangannya, FinTech yang ada di Indonesia memiliki banyak jenis sebagai berikut :

    1) Pembayaran
    Perusahaan startup FinTech di Indonesia kebanyakan didominasi oleh perusahaan pembayaran seperti: Veritrans, Doku, Kartuku dan iPay88. Terdapat juga Mobile Payments Company seperti Sakuku BCA, Gift Card seperti CGI Indonesia, BitCoin seperti BitX.co, Electronic Money seperti Sepulsa.com, layanan bebas transfer seperti Kliring.co.id, layanan bayar tagihan seperti Playbill.id dan jenis perusahaan pembayaran yang lain.
    Layanan-layanan inilah yang sangat membantu kita dalam melakukan pembayaran PLN, PDAM, kredit motor, kredit mobil dan pembayaran-pembayaran yang lain. Tidak perlu datang ke kantor, cukup dengan PC atau smartphone yang terkoneksi dengan internet tentunya.

    2) Investasi
    Salah satu bentuk bisnis FinTech adalah layanan investasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi, seperti Bareksa (Marketplace Reksa Dana) dan IpotFund (Supermarket Reksa Dana). Bahkan baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi telah memberikan lisensi agen penjual efek reksa dana kepada portal investasi Bareksa.com untuk menjual reksa dana online di Indonesia secara langsung kepada nasabah.

    3) Perencanaan Keuangan
    Salah satu model bisnis yang dihadirkan FinTech adalah perencanaan keuangan yang berfokus dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan. Terdapat tiga jenis layanan perencanaan keuangan, yakni Expense Tracker untuk personal seperti NgaturDuit.com yang memberikan layanan pengaturan keuangan untuk personal, kemudian Expense Tracker untuk bisnis UMKM seperti Jurnal.id yang memberikan layanan pengelolaan untuk keberlangsungan UMKM dan terdapat layanan pajak seperti Online-Pajak.com yang mempermudah urusan perpajakan, mulai dari membuat NPWP dan pajak buat perusahaan.

    4) Pembiayaan
    Bentuk bisnis FinTech ini mencakup pembiayaan berbentuk utang, seperti UangTeman.com, TemanUsaha.com, kemudian pembiayaan berbasis patungan (crowdfunding) seperti Wujudkan.com dan Kitabisa.com, kemudian pembiayaan berbasis Peer to Peer Lending (P2P) seperti Koinworks.com dan Amartha.com serta pembiayaan berupa cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo.com dan Cicil.co.id.

    5) Situs Pembanding Produk Keuangan
    Model bisnis FinTech yang terakhir adalah website pembanding produk-produk keuangan. Dengan adanya layanan ini, sangat memudahkan masyarakat untuk membandingkan beberapa produk keuangan sebelum memutuskan memilih produk keuangan yang mana. Startup di bidang ini seperti AturDuit.com, KreditGoGo.com dan RajaPremi.com (untuk layanan asuransi).

    Bagaimana pendapatmu wahai Generasi Millenials?
    Prospek EKONOMI DIGITAL sangat besar di Indonesia. Berdasarkan statistik Indonesia menunjukkan bahwa proyeksi investasi di masing-masing bidang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan jangkau waktu tidak kurang dari 5 tahun. Contohnya saja di bidang FinTech, dapat kita lihat bahwa pada tahun 2016 diproyeksikan investasi melalui bisnis ini bisa mencapai Rp190 Triliun, sebuah angka yang fantastis. Contoh yang lain di bidang e-commerce, dapat kita lihat bahwa investasi pada tahu 2013 hanya sebesar Rp104 Triliun saja, namun pada tahun 2020 diproyeksikan nilai investasi bisa mencapai Rp1.700 Triliun. Artinya terdapat kenaikan 10x lipat. Itu masih dua bidang saja, bagaimana yang lain? Pastinya sangat prospektif.


    KISAH PARA PEJUANG EKONOMI DIGITAL

    Pertanyaan selanjutnya setelah tahu mengenai jenis EKONOMI DIGITAL yang sedang berkembang di Indonesia adalah bagaimana kita bisa menjadi salah satu dari mereka? Tentu sebuah pertanyaan yang akan sulit terjawab ketika kita hanya termenung dan berpikir keras di pojok kamar, karena tidak akan menemukan caranya. Lantas harus bagaimana? Belajar dari startup yang telah sukses adalah solusinya. Karena dengan begitu, kita bisa belajar bagaimana membangun startup dari awal, bagaimana suka dukanya dan bagaimana bisa survive didalamnya, bukan begitu wahai Generasi Millenials?

    Tak perlu berlama-lama, berikut 3 contoh startup EKONOMI DIGITAL tersukses hingga saat ini (versi RADEN ROFIUL) :



    Cubeacon, siapa yang tidak tahu akan teknologi ini? Salah satu teknologi IoT yang dapat mengirimkan/menerima data secara cepat, tepat dan efisien untuk area terbatas dengan menggunakan bluetooth. Teknologi ini telah sukses mengembangkan pemancar berteknologi bluetooth dan memiliki standar yang sama dengan iBeacon keluaran Apple yang telah ada sebelumnya, bahkan Cubeacon mampu memaksimalkan potensi teknologi iBeacon.

    Secara visual, teknologi ini berbentuk kubus kecil yang didalamnya tersimpan chip Bluetooth v4.0 yang mampu menjangkau perangkat mobile dengan radius 100 meter dengan estimasi daya tahan hingga 2 tahun. Untuk fungsinya, pada awalnya Cubeacon digunakan oleh pebisnis-pebisnis untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan produknya secara cepat, tepat dan efisien. Seiring berjalannya waktu, teknologi ini terus dikembangkan fungsinya sebagai tas tracker, reminder dan berbagai keperluan rumah/kantor lainnya.


    Untuk cara kerja dari teknologi canggih ini, kita hanya perlu mengaktifkan bluetooth pada smartphone, kemudian mengunduh aplikasi android atau iOS yang telah terintegrasi dengan Cubeacon. Aplikasi inilah yang menjadi interface antara pemilik usaha dan pelanggan. Cukup sederhana bukan?

    Siapa sangka, teknologi baru ini merupakan salah satu startup karya anak bangsa terbaik saat ini yang dikembangkan oleh startup  Eyro Digital yang berdomisili di Surabaya. Dia adalah Tiyo Avianto atau biasa disapa dengan nama Mas Tiyo, pendiri Cubeacon. Mas Tiyo merupakan lulusan Teknik Mekatronka, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh November (PENS-ITS) yang lulus pada tahun 2006.

    Menjadi seorang developer IoT, tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh Mas Tiyo. Karena sebenarnya ketertarikan Mas Tiyo terhadap dunia coding atau pemrograman, bukan karena memang benar-benar suka, tapi karena tuntutan kuliah yang mengharuskannya belajar keras mengenai pemrograman. Namun dari situlah, Cubeacon bisa berkembang hingga saat ini.

    Pada awal perkembangannya, Cubeacon hanya berupa prototype biasa dengan tampilan yang tidak menarik sehingga sulit laku di pasaran ditambah lagi masyarakat belum ada ketertarikan untuk mencoba prototipe miliknya. Bukan seorang Tiyo kalo mengalah dengan keadaan. Berawal dari situ, dia terus melakukan penelitian pre-produksi sebelum produknya dilepas di pasaran. Dan kini, Cubeacon telah rilis sekitar 5000 unit dan akan meuju 10000 unit.

    Pesan Mas Tiyo untuk developer hardware yang lain, jangan pernah berhenti di fase prototipe dan teruslah survive dengn kondisi yang ada. Karena tantangan tidak hanya datang pada fase prototipe saja, masih banyak fase-fase yang harus dilakukan sebelum produknya menjadi branded di pasaran. Dan yang lebih penting lagi, jangan takut untuk berkompetisi.
    "Persaingan yang sehat diawali dengen pertemanan yang sangat sehat."
    -Tiyo Avianto-





    GO-JEK, bukan nama asing ditelinga kita akhir-akhir ini. Bukan karena menjadi salah satu sponsor utama dari Liga Indonesia, tapi karena GO-JEK sudah menjadi bagian penting bagi sebagian masyarakat untuk mencari nafkah. GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi berbasis on demand services yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Saat ini, GO-JEK telah bermitra dengan sekitar 200.000 pengendara ojek di Indonesia, untuk menyediakan berbagai macam layanan, mulai transportasi, pesan antar makanan, jasa cleaning service dan lainnya.

    Yang menjadikan GO-JEK lebih diminati oleh masyarakat daripada ojek konvensional adalah terdapatnya santunan kesehatan dan kecelakaan, sehingga lebih menjamin keamanan dan keselamatan driver-drivernya. Saat ini, GO-JEK telah resmi beroperasi di 25 kota besar di Indonesia, termasuk Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Jambi, Padang, Bandar Lampung, Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Gresik, Malang, Sidoarjo, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar, Denpasar, Mataram dan akan terus dikembangkan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.


    Saat ini, GO-JEK memiliki 16 layanan yang ditawarkan, dengan rincian sebagai berikut :
    1) GO-RIDE
    Layanan transportasi menggunakan sepeda motor dengan kapasitas hanya 1 orang.
    2) GO-CAR
    Layanan transportasi menggunakan mobil dengan kapasitas maksimal 4 orang.
    3) GO-BLUEBIRD
    Layanan pemesanan taksi Bluebird melalui platform aplikasi GO-JEK.
    4) GO-FOOD
    Layanan pesan antar makanan.
    5) GO-SEND
    Layanan kurir instan yang dapat mengirimkan barang.
    6) GO-MART
    Layanan berbelanja dan mengirimkan barang belanjaan.
    7) GO-BOX
    Layanan pemindahan barang yang berukuran besar dengan menggunakan truk.
    8) GO-MASSAGE
    Layanan panggilan jasa pijat.
    9) GO-CLEAN
    Layanan panggilan jasa cleaning service.
    10) GO-GLAM
    Layanan panggilan jasa perawatan kecantikan.
    11) GO-TIX
    Layanan informasi event yang langsung mengirimkan tiket ke tujuan.
    12) GO-BUSWAY
    Layanan monitoring jadwal busway sekaligus memesan GO-RIDE untuk mengantarkan pelanggan ke terminal.
    13) GO-PAY
    Layanan dompet virtual untuk transaksi GO-JEK.
    14) GO-MED
    Layanan antar obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya.
    15) GO-AUTO
    Layanan auto care, service untuk kebutuhan otomotif.
    16) GO-PULSA
    Layanan pengisian pulsa dengan menggunakan fasilitas GO-PAY.


    Bagaimana? Banyak sekali bukan yang dihadirkan oleh GO-JEK. Dibalik kesuksesan itu semua, tentu ada orang HEBAT dibelakangnya, beliau bernama Nadiem Makarim. Berdasarkan latar belakang keluarga, Nadiem Makarim atau biasa dipanggil Mas Nadiem tidak memiliki darah seorang pengusaha, namun hal itulah yang menjadikan Mas Nadiem tertantang untuk berkarir di bidang enterpreneurship. Pria lulusan Harvard University ini memang terkenal jago mengatasi permasalahan di bidang aplikasi, sehingga tidak heran selepas lulus kuliah langsung direkrut sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company.

    Banyak orang berpikir, kalau kerja di luar negeri pasti nyaman dan terjamin dari segi penghasilan. Namun tidak berlaku bagi seorang Mas Nadiem. Beliau memutuskan kembali ke Indonesia selepas 3 tahun bekerja di McKinsey & Company. Berawal dari obrolannya dengan beberapa tukang ojek di Jakarta yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menunggu penumpang datang, ide GO-JEK akhirnya muncul. Dan pada tahun 2011, aplkasi GO-JEK resmi diluncurkan dan sangat bermanfaat untuk tukang ojek dalam mendapatkan penumpang dan membantu penumpang mendapatkan ojek hanya order saja di smartphone mereka masing-masing.

    Seiring berjalannya waktu, GO-JEK terus mengembangkan layanannya yang sebelumnya hanya GO-RIDE saja, kini bertambah menjadi 16 layanan. Dan sebagai seorang startup yang telah sukses, Mas Nadiem mengharapkan munculnya startup-startup baru yang berjiwa kompetitif dari kalangan anak muda tentunya. Baginya, mencoba sesuatu itu harus berani mengambil tindakan, apapun resikonya.
    "Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang baru meskipun itu harus ada pengorbanan yang harus kita bayarkan."
    -Nadiem Makarim-



    Namanya sudah begitu terkenal di TV ataupun koran, siapa yang tidak mengenal Tokopedia? Sebuah mall online di Indonesia yang mengusung konsep marketplace, dimana memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Mall online yang didirikan pada akhir 2015 ini memiliki visi untuk "Membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet" dan mendukung UMKM dan usaha perorangan untuk memasarkan produknya secara online dan sangat memudahkan calon pembelinya dalam berinvestasi.

    Saat ini, Tokopedia telah menawarkan jutaan produk yang meliputi pakaian, aksesoris, kecantikan, kesehatan, rumah tangga, dapur, laptop, elektronik dan lain-lain. Terhitung, terdapat lebih dari 1.200 kategori produk yang tersedia di Tokopedia. Yang membuat mall online ini terus exist, terletak pada sistem pembayarannya. Tokopedia menggunakan sistem pembayaran bersama atau escrow yang mana pihak mall online berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli.


    Mengenai sistem pembayaran, terdapat dua jenis sitem pembayaran. Sistem pembayaran instan dan manual. Untuk sistem pembayaran instan, kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran sudah otomatis terverifikasi sementara pada sistem pembayaran manual, kita sebagai pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Pembayaran secara instan dapat melalui mandiri clickplay, BCA KlikPay, e-Pay BRI dan Slso Tokopedia. Sementara pembayaran secara manual dapat melalui transfer ATM atau internet banking.


    Ketika berbicara kesuksesan suatu peusahaan, tentu tidak bisa lepas dari peran pendirinya. William Tanuwijaya adalah salah satunya, bersama dengan Leontinus Alpha Edison, mereka mendirikan Tokopedia. Williamm Tanuwijaya atau bisa kita panggil dengan Koh Tanu, pada awalnya hanya seorang pekerja kantoran biasa yang bergerak di bidang software developer. Lulusan BINUS University ini mulai membangun startup> Tokopedia setelah menjadi moderator di sebuah forum online pada tahun 2007 yang membahas mengenai jual-beli online. Kemudian ia mengaak temannya, Koh Leo untuk mendirikan Tokopedia sebagai sebuah startup jual beli online.

    Awal berdirinya perusahaan ini sangatlah sulit, dimana mereka harus mendatangi satu persatu orang untuk memodali ide bisnisnya mereka dan mencari investor yang mau membiayai Tokopedia. Banyak yang awalnya ragu akan perusahaan ini, namun seiring berjalannya waktu akhirnya usaha mereka berbuah manis. Pada tahun 2014, Tokopedia berhasil mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet. Luar biasa bukan? Disini kita bisa belajar tentang arti sebuah perjuangan yang pantang menyerah dengan keadaan ataupun berbagai pihak yang meragukan usaha kita. Tetap semangat, guys.


    Bagaimana Generasi Millenials? Apakah kita hanya diam saja tanpa mulai berusaha menjadi startup baru di Indonesia? Mari kita buktikan.


    MERINTIS EKONOMI DIGITAL BARU


    Indonesia dalam angka yang ada diatas menunjukkan bahwa jumlah pendanaan startup di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan, peningkatan bisa terjadi dua hingga tiga kali lipat pada setiap triwulannya. Tercatat hingga kuartal II 2016, nilai investasi startup mencapai Rp2,09 Triliun. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk terus menggalakan penambahan startup-startup baru di Indonesia. Melalui Kementrian Komunikasi dan Informasi, Pemerintah Republik Indonesia membuat program "Gerakan Nasional 1000 Startup Digital".

    Melalui gerakan ini, pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai "The Digital Energy of Asia". Melalui gerakan ini, ditargetkan dapat menciptakan 1000 perusahaan baru dengan total investasi bisnis senilai USD 10 miliar pada tahun 2020. Luar biasa bukan?

    Untuk melahirkan 1000 startup digital, dilakukan sistem pembinaan intensif di 10 kota yang memiliki infrastruktur digital yang kuat. Langkah pertama dimulai dari ignition¸ yakni seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship, yang menargetkan 4000 peserta setiap tahunnya. Kemudian, akan dijaring 20000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital. Berbekal ilmu dari workshop tersebut, 1000 perserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi. Barulah 500 peserta yang terpilih akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi pembinaan untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Dan Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di sekitar kota per tahun, sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 10000 startup digital. Sebuah konsep yang sangat visioner dari Bapak Jokowi. Bukan begitu, guys?

    Bagaimana Generasi Millenials? Siapkah menjadi salah satu diantara mereka?
    Pilihan ditangan kita.


    KESIMPULAN

    Di zaman Generasi Millenials seperti saat ini, EKONOMI DIGITAL sudah menjadi tren yang mampu menciptakan sistem ekonomi yang lebih mudah, efektif dan efisien. Terdapat empat macam EKONOMI DIGITAL yang saat ini berkembang di Indonesia, yaitu Finance Technology, E-Commerce, On Demand Services dan IoT.

    Di Indonesia, telah terdapat ratusan startup yang sudah berdiri. Beberapa diantaranya memiliki prospek yang sangat menjanjikan, kita dapat belajar dari Cubeacon, GO-JEK dan Tokopedia. Belum cukup sampai disitu, agar startup terus bertambah, Pemerintah Republik Indonesia menciptakan sebuah gagasan 1000 Startup Digital yang memfasilitasi anak-anak bangsa untuk bersaing dalam menciptakan startup-startup baru di Indonesia. Dan kita sebagai Generasi Millenials yang lebih menyukai pekerjaan yang fleksibel, mementingkan passion dan menyukai tantangan tentu konsep EKONOMI DIGITAL bukan sebuah hal yang tabu lagi.

    Pilihannya di tangan kita masing-masing, apakah kita menjadi seorang PELOPOR kemajuan bangsa atau PENGEKOR kemunduran bangsa. Mari kita buktikan bersama-sama.






    Sumber Artikel dan Konten:
    Databoks
    Cubeacon
    GO-JEK
    Tokopedia
    Youtube
    Berbagai Sumber
  • Rukamen Saleshack : Solusi Investasi Apartemen Masa Kini



    "Deadline terus, deadline terus! Bosan suasana kantor! Butuh ketenangan diri!"
    -CURHATAN RAKYAT-


    Begitulah keluhan masyarakat kantoran saat ini mengenai kesibukan mereka di kantor atau mungkin salah satu diantaranya. "DEADLINE", "LEMBUR" seakan-akan sudah menjadi rutinitas tiap hari yang tidak mungkin ditolak. Lantas ketika kebosanan sudah menyerang, apa yang harus dilakukan?

    Sebuah hunian yang nyaman dan jauh dari keramaian tentu menjadi pilihan. Dan tinggal di apartemen menjadi pilihan yang paling logis untuk sejenak mengasingkan diri dari peradaban kantor yang sering membosankan. Mengapa harus apartemen?

    Karena apartemen menawarkan fasilitas yang lengkap didalamnya. Mulai dari restoran, pusat perbelanjaan hingga pusat olahraga sehingga apa saja yang kita butuhkan hanya berjarak satu dua langkah dari pintu kamar. Selain itu, apartemen juga dekat dengan perkantoran sehingga akan menghemat waktu dan tenaga. Tak jarang pula sebuah apartemen dijadikan cadangan investasi yang cukup menjanjikan ketika krisis ekonomi datang. Lantas apa yang menjadi permasalahan?

    Yang menjadi permasalahan, banyak orang berani berinvestasi apartemen namun sedikit orang yang tahu bagaimana cara berinvestasi yang benar dan menghasilkan keuntungan tentunya. Di sisi lain, masyarakat yang tengah berinvestasi apartemen tentu tidak bisa intens dalam menawarkan apartemennya kepada calon customer karena kesibukannya yang sangat menyita waktu. Lantas harus bagaimana? Keberadaan SITUS IKLAN LISTING APARTEMEN sangat diperlukan. Dan kini telah hadir :




    APA ITU RUKAMEN SALESHACK?


    Rukamen (Rumah-Kantor-Apartemen) merupakan SITUS IKLAN LISTING APARTEMEN yang membantu memaksimalkan iklan apartemen dengan berbagai kemudahan didalamnya. Situs ini memang baru berdiri pada tahun 2015. Namun jangan salah, dengan waktu yang relatif singkat, situs ini sudah mampu menjangkau 9 kota di Indonesia.

    "JAKARTA - BOGOR - DEPOK - TANGERANG - BEKASI - BANDUNG - BATAM - BALI - SURABAYA"

    Lantas yang membedakan Rukamen dengan SITUS IKLAN LISTING APARTEMEN yang lainnya apa?
    Perbedaannya terletak pada metode pemasarannya, bagaimana agar apartemen yang kita punya dapat terjual atau tersewakan secara cepat, tepat, aman dan hemat, tanpa menyita kesibukan kita. Dengan metode ini, Rukamen menawarkan solusi investasi "apartemen di Indonesia" dengan cara menawarkan cara cepat jual apartemen bagi pemilik apartemen dan cara cepat sewa apartemen bagi masyarakat yang ingin menjadikan apartemen sebagai hunian tempat tinggal.



    MENGAPA HARUS RUKAMEN SALESHACK?


    1. Dijamin CEPAT
    Dalam "jual apartemen" dan "sewa apartemen", kecepatan penyebaran iklan memang sangat diperlukan. Bagaimana apartemen kita bisa terjual/tersewakan kalau keberadaan iklan kurang gencar di masyarakat? Beruntungnya, Rukamen memiliki kerjasama dengan 15 channel online, termasuk website properti, forum, website marketplace hingga media sosial.

    2. Dijamin TEPAT
    Dalam "jual apartemen" dan "sewa apartemen", bukan hanya kecepatan penyebaran iklan saja yang harus diperhatikan. Ketepatan sasaran iklan apartemen juga diperlukan agar iklan yang telah disebarluaskan dapat berjalan secara efektif, efisien dan tepat sasaran. Yang membuat Rukamen beda dari yang lain, terdapat fitur "Competition Report" yang merekomendasikan semua informasi secara lengkap agar iklan apartemen lebih menarik lagi di pasaran.

    3. Dijamin AMAN
    Dalam "jual apartemen" dan "sewa apartemen", tidak cukup mengandalkan kecepatan dan ketepatan iklan saja, tetapi keamanan juga diperlukan terutama bagi pemilik apartemen yang ingin menjual apartemennya atau masyarakat yang ingin menyewa apartemen. Beruntungnya, Rukamen memiliki sistem SMS & Call Center yang terintegrasi sehingga memberikan keamanan kepada pemilik iklan apartemen agar nomornya tidak dipublikasikan di channel online. Hal ini dilakukan agar privasi pemilik apartemen tetap terjaga.

    4. Dijamin HEMAT
    Dalam "jual apartemen" dan "sewa apartemen", hemat dalam mengiklankan apartemen menjadi hal yang terpenting selain ketiga hal diatas. Mengapa? Jelas tujuan menjual/menyewa apartemen tentu tidak  jauh-jauh dari investasi yang berbasis profit. Sehingga mengiklankan apartemen dengan SITUS IKLAN LISTING APARTEMEN tentu sangat memperhatikan yang namanya harga. Beruntungnya lagi, Rukamen memiliki sistem semakin cepat apartemen, semakin hemat pengeluaran yang kita lakukan tiap bulannya bahkan akan mendapat pemasukan dengan terjualnya/tersewakannya apartemen yang kita punya.



    BAGAIMANA CARANYA BERINVESTASI?

    Ini yang paling sulit. Bagaimana caranya menjual/menyewa apartemen melalui Rukamen. Berikut penjelasannya :


    1. Menentukan HARGA
    Langkah pertama : Menentukan HARGA.
    Hal ini sangat penting karena harga menjadi salah satu pertimbangan calon customer sebelum membeli/menyewa sebuah apartemen. Pastikan harga yang ditawarkan mendekati batas harga terendah sehingga dapat menarik banyak calon customer. Kemudian yang mejadi pertanyaan, bagaimana cara menentukan harga sebuah apartemen, apakah ada tekniknya? Berikut ulasannya :

    • Teknik pertama, Modifikasi Harga. Untuk teknik yang pertama, caranya cukup mudah. Kita hanya perlu menurunkan harga apartemen dibawah harga pasar dengan tipe yang sama. Namun yang perlu diperhatikan, penurunan harga yang dilakukan haruslah wajar dalam artian tidak terlalu jauh dibawah harga pasar. Hal ini akan menyebabkan kecurigaan calon customer apartemen kita. Ingat kata pepatah, "Terlalu banyak itu tidak baik".
    • Teknik kedua, Sistem Cap Rate. Untuk teknik yang kedua, menggunakan penghitungan tingkat kapitalisasi atau lebih dikenal dengan capitalization rate atau cap rate yang merupakan indikator pembelian/penjualan properti dengan tingkat yang berbeda-beda tergantung lokasi dan tipe properti yang ingin dijualbelikan maupu disewakan. Untuk menghitung haga sewa properti dengan nilai cap rate menggunakan persamaan : Harga Sewa (Rp/Tahun) = Harga Properti x Cap Rate (%). Contohnya, jika harga sebuah apartemen sebesar 2 Miliar Rupiah, dengan tingkat kapitalisasi sebesar 10%, maka harga sewa yang sesuai sekitar 200 Juta Rupiah/tahun atau 16-17 Juta Rupiah/bulan.

    2. Mengingat OPPORTUNITY COST & FIXED COST
    Langkah kedua : Mengingat OPPORTUNITY COST & FIXED COST.
    Kedengarannya sulit ya? Tapi sebenarnya tidak. Sederhananya, "semakin lama apartemen kita tidak terjual/tersewakan, semakin besar kita kehilangan potensi keuntungan. Sebagai contoh, kita akan menyewakan sebuah apartemen dengan harga 20 Juta Rupiah/bulan. Semakin lama tidak tersewakan, potensi kehilangan 600-700 Ribu/hari, belum lagi harus membayar biaya operasional seperti listrik, PDAM atau langganan TV kabel. Terus cara mengatasinya bagaimana? Cukup mudah, promosikan apartemen yang kita punya melalui Rukamen.

    3. Melakukan OPEN FOR NEGOTIATION
    Langkah ketiga : Melakukan OPEN FOR NEGOTIATION.
    Negoisasi sangat penting dilakukan dalam suatu investasi. Mengapa? karena disinilah awal dari transaksi dimulai, entah pada akhirnya berakhir dengan kesepakatan atau tidak. Yang paling penting dalam sebuah negoisasi adalah keterbukaan dengan calon customer yang mau berinvestasi dengan apartemen . Sebagai contoh, kita akan menyewakan sebuah apartemen dengan harga 15 Juta Rupiah/bulan, kemudian terdapat calon customer yang ingin menyewa apartemen kita dengan harga 12 Juta Rupiah/bulan. Sekilas memang lebih murah dari harga yang kita harapkan, namun jangan langsung diabaikan penawaran calon customer tersebut hanya karena harga tidak sesuai harapan. Disinilah NEGOISASI diperlukan agar harga yang ditawarkan bisa ditingkatkan setelah bernegoisasi dengan kita. Kemudian yang menjadi pertanyaan, bagaimana bernegoisasi yang baik dan benar? Berikut ulasannya :

    1) Jangan mudah tergiur dengan keunggulan apartemen yang ditawarkan. Selalu utamakan berapa profit dan peluang investasi kedepannya.
    2) Selalu pertimbangkanlah cashflow yang terjadi dan harus memberikan keuntungan. Lakukanlah perhitungan secara cermat sebelum negoisasi dilakukan.
    3)  Usahakan jangan menerima DP diawal, lakukan investasi dengan sistem tanpa modal sehingga semakin banyak orang yang ingin berinvestasi.
    4) Harus memikirkan harga yang akan ditawarkan calon customer dan bagaimana kondisi keungan calon customer kedepannya dalam berinvestasi.
    5) Jangan terlalu mempengaruhi calon customernya. Biarkan investasi mengalir sejalannya waktu.
    6) Terus pantau perkembangan kondisi ekonomi nasional dan harga apartemen secara berkala.
     
    4. Memperhatikan HAL TEKNIS
    Langkah keempat : Memperhatikan HAL TEKNIS.
    Banyak orang tak sadar, bahwa hal teknis penting buat diamati ketika akan berinvestasi apartemen. Apa saja yang harus diperhatikan?  Ada tiga hal : INTERIOR - WAKTU - NILAI PLUS.


    5. Menggunakan SELLING HACK
    Langkah kelima : Menggunakan SELLING HACK.
    Setelah keempat langkah diatas telah dilakukan, hal yang harus dilakukan adalah mengiklankan apartemen yang kita punya entah untuk dijual/disewakan dengan menggunakan metode SELLING HACK dari Rukamen. Melalui metode ini, apartemen yang kita punya akan diiklankan menggunakan berbagai media diantaranya forum-forum properti, sosial media, classified ads baik online mapun offline, email blast, sms blast dan media lainnya. Dan kita hanya perlu memantaunya dari rumah, customer pasti datang. Tidak perlu lama-lama, maksimal 2 minggu sudah bisa diinvestaskan. Apabila belum laku? Cek kembali keempat langkah diatas, apakah sudah benar atau belum.

    6. LAKUKAN
    Langkah keenam : LAKUKAN.
    Ini langkah yang paling sulit, LAKUKAN. Kelima langkah diatas tak ada artinya, apabila tidak sesegera mungkin dipraktikkan.
    "1000 teori tidak ada gunanya, apabila 1 langkahpun belum dilakukan."
    -RADEN ROFIUL-



    BAGAIMANA CARANYA MENGIKLANKAN?

    Setelah langkah-langkah berinvestasi apartemen telah dilakukan, muncul pertanyaan "Bagaimana caranya mengiklankan di Rukamen? Tak perlu lama, berikut langkah-langkahnya :

    Khusus krediti post, terdapat tiga paket yang ditawarkan :
    1. Single Post Credit, jika ingin post satu apartemen saja.
    2. Five Post Credit, jika ingin post lebih dari satu apartemen dengan maksimal 5 post.
    3. Realty Agen, jika kita seorang agen properti yang mengingingkan harga terbaik.



    KESIMPULAN

    Dari penjelasan "panjang x lebar" diatas dapat kita ketahui bahwa Rukamen merupakan solusi investasi apartemen masa kini yang menawarkan "cara cepat sewa dan jual apartemen" dengan cepat, tepat, aman dan hemat. Jadi masih ragu kualitas Rukamen?
    #RukamenBlog

    Yang masih ada keraguan, share keraguanmu di kolom komentar ya.


    Sumber pendukung dan penunjang materi :
    Rukamen 
    Freepik
    Youtube

    Artikel ini diikutkan pada Rukamen Saleshack Blog Kontes 2017